Apa Saja Manfaat Kita Ngeblog??

manfaat blogging

Hmm… baru-baru ini saya semakin cinta sama blog. Tiap hari saya sempatkan untuk menulis artikel yang akan saya post ke blog ini. Lumayan lah buat ngisi waktu luang. Biasanya saya mendapat bahan artikel dari buku-buku yang saya baca kemudian saya tulis kembali menggunakan bahasa saya sendiri. Tapi, tidak lewat buku saja kok, inspirasi bisa didapat dari mana saja.

Untuk artikel kali ini saya ingin sharing informasi mengenai manfaat apa saja yang kita dapat lewat blogging. Blog, asal kata dari WeBlog, adalah sarana yang diciptakan untuk kita yang ingin mengekspresikan apapun tanpa batasan. Banyak sekali lho manfaat yang kita dapatkan dari ngeblog. Untuk masa sekarang, blog memang belum sepopuler friendster atau facebook yang sudah menjamur dimana-mana.


Blog biasanya difokuskan pada suatu bidang (tema) tertentu. Bisa saja kita membuat blog tentang kesehatan, olahraga, hobi, pendidikan, dll. Semua bebas, tanpa batasan. Tapi tetap ada aturan dan etika yang harus kita patuhi ketika kita ngeblog.

Tapi dari waktu ke waktu, saya merasakan bahwa ngeblog lebih menyenangkan dibandingkan friendster atau facebook. Karena, saya merasa lebih “tertantang” dengan blog. Secara kualitas pun, blogger (orang yang doyan ngeblog) kelihatan lebih prestise dibanding friemdster dan facebook yang itu2 saja. Blog lebih menuntut para blogger untuk memiliki daya imaginasi yang kuat.

Ada lagi yang menarik dari blog. Yakni, persaingan dalam mendapatkan peringkat 10 besar search engine. Barang siapa yang blognya terdapat dalam peringkat 10 besar search engine, maka dapat dikatakan blog tsb popular.Hehe, harus saya akui, blog ini belum masuk 10 besar search engine, dan juga belum popular, maklum lah blog baru.

Oke, manfaat apa saja yang kita dapat dari ngeblog? Wah, sebenarnya banyak sekali. Saya akan sedikit sharing tentang manfaat apa saja yang telah saya dapat dari ngeblog.

1. Blog melatih kreatifitas kita

Dengan ngeblog, kita biasanya berusaha untuk terus memperbarui (mengupdate) konten blog kita. Tapi, tidak sembarang konten, para blogger berusaha semaksimal mungkin untuk menulis konten yang bagus dan berbobot, agar para pembaca atau blogosphere betah tinggal di blognya. Dengan terus mengupdate konten blog, blog kita bisa menjadi semakin popular.

2. Dengan blog, kita bisa mendapat banyak teman baru

Setelah mengupdate blog, tentunya kita ingin blog kita dikunjungi orang bukan? Maka untuk itu kita harus banyak membangun relasi dengan para blogger lain. Biasanya yang dilakukan para blogger adalah saling bertukar link (link exchange). Tukeran link dilakukan untuk bermacam-macam manfaat, salah satunya meningkatkan pengunjung dan pagerank (istilah gampangnya ranking) blog.

3. “Sedekah” lewat blogging


Banyak blog yang berisi artikel-artikel bermanfaat, sehingga jika kita ngeblog, kita bisa “sedekah” lewat informasi yang bermanfaat di blog kita kepada blogosphere atau pengunjung blog kita.

4. Blog bisa dijadikan sumber penghasilan

Wah, kok bisa? Iya, blog bisa dijadikan sumber penghasilan tambahan dan bahkan pekerjaan. Banyak sekali cara mendapatkan income dari blog (saya sendiri kurang menguasai, hehe). Dan di zaman sekarang ini blogging sudah dapat dijadikan pekerjaan. Para professional blogger (orang yang pekerjaannya ngeblog) dapat memiliki penghasilan yang besar bahkan melebihi pekerjaan orang kantoran. Maka tidak heran jika sekarang banyak sekali orang ngeblog.

Wah, ternyata banyak sekali manfaat yang kita peroleh dari ngeblog. Jadi, jangan
ragu, buat yang sudah punya blog, terusin nulis artikel y!!
buat yang belum punya blog, ayo ngeblog!!

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini,

Artikel yang berkaitan



0 comments:

Post a Comment

Post a Comment