Dengarkan Perkataan Semua Orang dan Kamu Tidak Akan Mendapat Apa-Apa

Ada sebuah cerita yang sangat menginspirasi saya. Sebenarnya cerita ini adalah cerita klasik, dan mungkin Anda juga pernah mengetahuinya. Saya hanya akan sedikit menyegarkan kembali ingatan.


Oke. Begini ceritanya :

Tersebutlah seorang pria beserta anak laki-lakinya pergi bersama keledai peliharaan mereka untuk pergi ke pasar. Ketika mereka sedang berjalan, seorang pejalankaki berpapasan dengan mereka dan berkata , “Kau payah!! Untuk apa guna keledai jika tidak untuk dinaiki??”

Setelah mendegar perkataan pejalankaki tadi, pria tersebut mengangkat anaknya ke atas keledai. Mereka pun melanjutkan perjalanan. Tetapi tidak lama kemudian mereka melewati segerombolan pemuda, salah satu dari gerombolan pemuda tersebut berkata, “Lihatlah pemuda malas itu. Dia membiarkan ayahnya berjalan sementara dia sendiri mengendari keledai.”

Setelah itu langsung saja pria tersebut naik ke atas keledai, dan menyuruh anaknya berjalan. Tetapi mereka tidak pergi jauh sebelum bertemu dengan dua orang wanita. Salah satu dari wanita tersebut berkata kepada wanita yang lainnya, “Lihatlah pria malas itu, dia membiarkan anaknya kecapaian berjalan kaki sementara dia sendiri mengendarai keledai.”

Pria tersebut tidak tahu lagi apa yang harus dilakukan, tetapi kemudian mereka bersua naik ke atas keledai bersama-sama. Setelah beberapa saat, mereka pun sampai di kota dimana pasar yang mereka tuju berada. Tetapi mereka kebingungan lagi setelah bertemu dengan seorang anak kecil yang berkata kepada mereka, “Apa kamu tega memberikan beban yang berat kepada keledaimu itu, kau dan anakmu naik bersama-sama? Sangat tidak bisa kupercaya.”

Pria tersebut dan anak laki-lakinya turun dari keledai dan mencoba berpikir apa yang harus dilakukan. Mereka berpikir dan berpikir, hingga akhirnya mereka mengangkat keledai tersebut berdua. Mereka berjalan sepanjang jalan dan hanya menemukan tertawaan dari setiap orang yang mereka lalui, hingga akhirnya mereka sampai di sebuah jembatan. Si keledai, yang merasa tidak nyaman, tiba-tiba saja menendang si anak laki-laki dan menyebabkan anak laki-laki tersebut jatuh dari jembatan. Si keledai terus menendang-nendang dan akhirnya menyebabkan si pria juga jatuh dari jembatan. Tidak lama kemudian, si keledai pun menyudul jatuh dari jembatan karena kehilangan keseimbangan.

Dan akhirnya, seorang pria tua yang telah mengikuti perjalanan si pria dan anak laki-lakinya yang malang, berkata kepada mereka, “Peristiwa tadi akan mengajarimu. Dengarkan perkataan semua orang dan kau tidak akan mendapatkan apa-apa”

Nah, bagaimana ceritanya, bagus tidak?? Komentarnya saya tunggu ya!!

Artikel yang berkaitan



0 comments:

Post a Comment

Post a Comment