Mengurangi Tidur

mengurangi tidur

Waktu memang sangat berharga. Jika tidak digunakan sebaik-baiknya, maka rugilah kita. Peribahasa klasik seperti “waktu adalah uang” atau “waktu adalah pedang” menggambarkan betapa pentingnya waktu bagi kehidupan.

Seringkali kita berpikir betapa cepatnya waktu telah berjalan. Hari demi hari, bulan demi bulan, dan tahun demi tahun, tidak terasa lama bagi kita. Seakan hidup ini pendek sekali. Saya juga seringkali berpikir betapa cepatnya bertahun-tahun dalam hidup saya telah berjalan. Apakah Anda juga merasakan hal yang sama?



Lalu saya pun coba berpikir bagaimana caranya waktu ini bisa sedikit lebih terasa lebih lama. Saya temukan cara yang mungkin bisa membantu :

Kurangi Tidur


Ya, mengurangi tidur. Yang umum kita ketahui bahwa waktu tidur yang ideal sehari adalah 8 jam. Tapi, penelitian yang paling baru (saya lihat artikel di internet), menemukan bahwa waktu selama 3 jam saja sudah cukup untuk tidur. Saya sendiri sehari tidur kurang lebih 5 jam sehari. Coba deh ya kita hitung secara matematis :

Dalam seminggu :

8 jam x 7 hari = 56 jam
5 jam x 7 hari = 35 jam

Dalam sebulan :

8 jam x 30 hari = 240 jam
5 jam x 30 hari = 150 jam

Dalam setahun :

8 jam x 365 hari = 2920 jam
5 jam x 365 hari = 1825 jam

Hmm... kalo kita lihat, ternyata dalam seminggu 8 jamers tidur selama 56 jam atau 2,4 hari!! Dalam sebulan, 8 jamers tidur selama 240 jam atau 10 hari!! Dan dalam setahun, 8 jamers tidur selama 2920 jam atau sekitar 121 hari!!!

Berarti dalam setahun 8 jamers Cuma “hidup” dalam waktu 244 hari (365 hari-121 hari).
Wah, terlihat percuma kan tidur kita. Lebih baik kita kurangi tidur mulai sekarang. memang awal-awalnya susah, tapi lama-kelamaan pasti terbiasa. Saya sendiri waktu pertama-tama juga susah, sampe-sampe sering ketiduran di kelas. Tapi sekarang sudah terbiasa tidur 5 jam. Lagi usahaain nyoba tidur 3 jam, tapi sampe sekarang gak isa-isa.

Setelah saya cari-cari tahu, ternyata orang yang sukses masa depannya juga tidur kurang lebih 4 jam lho. Saya sudah banyak baca biografi orang sukses, dan kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa pada masa susahnya dulu kurang tidur merupakan hal yang biasa. Mereka kebanyakan belajar dan bekerja, sehingga waktu tidur mereka banyak yang hilang.

Ingat nggak Tomas Alva Edison yang nggak tidur semalaman buat nyiptain bola lampu? Itu merupakan salah satunya.

Dengan mengurangi tidur, kita mempunyai lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal lain yang lebih produktif dan berguna.

Teman saya, yang selalu dapat ranking di kelas, berkata pada saya tidurnya hanya 4 jam. kebanyakan waktunya di rumah dia gunakan untuk belajar, belajar, dan belajar. Dan apa hasilnya? dia selalu dapat ranking 1 di kelas, dan akhirnya mendapat nilai unas tertinggi dikota saya.

Tidur memang penting, namun jangan terlalu banyak. Tidur 8 jam kurang baik bagi anak-anak muda yang sedang meniti masa depan. Kurangi tidur, dan lakukan hal-hal yang produktif dan berguna.

Artikel yang berkaitan



0 comments:

Post a Comment

Post a Comment