Takut Bertanya, Tersesat Selama-lamanya

malu bertanya, sesat di jalan

“Takut bertanya, tersesat di jalan”

Anda pernah mendengar pepatah tersebut bukan? Pepatah yang pasti Anda sudah tahu maksudnya. Orang yang tidak berani bertanya, pasti akan tersesat. Tersesatnya seseorang diakibatkan dia mencari sendiri ilmu atau hal yang ingin dia ketahui, yang dia sendiri tidak tahu. Dia tidak mau bertanya. Kita diciptakan untuk bersosialisasi, tapi kenapa banyak orang tidak mau bertanya? Jawabnya, adalah karena :

Kebanyakan Orang Takut Dan Minder


Banyak orang di seluruh dunia bermimpi ingin sukses, tapi hanya beberapa orang yang berhasil mewujudkannya, dan orang yang berhasil mewujudkannya adalah orang yang suka bertanya dan menggali ilmu. Mereka tidak takut ataupun minder untuk bertanya. Mereka sadar bahwa kesuksesan harus dia raih, namun kesuksesan ada harganya. Dan, orang yang ingin meraih kesuksesan harus mau untuk membayar harganya. Salah satu dari harga mahal tersebut adalah terus menggali ilmu dengan bertanya, tanpa rasa takut. Orang-orang sukses sadar akan hal ini.

1. Cara Paling Efektif Menggali Ilmu


Jika kita ingin mengerti tentang suatu hal atau pengetahuan, apa yang sebaiknya dia lakukan?

Banyak orang mencari jawabannya sendiri, dengan browsing internet atau membaca buku yang bahkan bisa setebal batu bata. Wow! Waktu kita bisa habis. Apalagi jika pengetahuan tersebut harus cepat kita pelajari. Memang benar kita pasti akan menemukan banyak hal dengan membaca buku ataupun browsing internet, akan tetapi sebagian besar waktu kita akan habis demi berselancar di internet dan berburu ilmu saja.

Jadi, langkah apa yang sebaiknya kita ambil?
Jawabannya mudah kok,

Kita Bertanya Kepada Orang Yang Sudah Ahli

Jika Anda adalah seseorang yang tidak mengerti akan sesuatu, tidak perlu bingung, BERTANYA!! Jangan takut atau minder, pikirkan bahwa kita harus melawan rasa takut dan minder ini demi membayar harga untuk sebuah kesuksesan.

2. Kalahkan Rasa Takut Dan Minder

Untuk berhasil dan sukses, kita harus belajar menaklukkan rasa takut ditolak, dan berhenti mencemaskan apa yang akan dikatakan orang lain tentang kita. Sering kali kita bertemu dengan orang-orang yang menahan diri, hanya karena khawatir dan takut apa yang akan dikatakan teman-teman mereka jika mereka melakukan sesuatu yang berbeda. Saya tahu hal ini karena saya juga mengalaminya.

Saya menemukan suatu perkataan yang seringkali saya katakan kepada diri saya sendiri, “Apa pendapatmu tentang diriku bukanlah urusanku. Yang terpenting adalah apa pendapatku tentang diriku sendiri.”

Oh ya, ada hal yang sangat penting yang harus kita ketahui bersama. Jika kita bertanya, kita harus bertanya kepada seorang pembimbing dan ahli. Seorang pembimbing adalah seseorang yang sudah berhasil melakukan apa yang ingin kita lakukan. Jangan bertanya kepada seorang penasihat. Penasihat adalah seseorang yang memberitahu Anda cara melakukannya, tapi dia sendiri belum pernah melakukannya.

Oke, Sekarang tinggal kita segera mempraktekkan hal diatas. Terus melangkah, jangan hentikan langkah Anda!!



Artikel yang berkaitan



0 comments:

Post a Comment

Post a Comment